Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Jenjang Pendidikan Menengah Pertama

Dari penjelasan pada aktivitas-aktivitas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal asesmen numerasi AKM melibatkan proses penalaran yang tidak dapat dipersiapkan melalui program bimbingan belajar intensif yang berfokus pada latihan-latihan soal saja. Proses penalaran siswa justru perlu lebih banyak dikembangkan dan dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas. 

Anda telah mengenali level-level perkembangan kompetensi numerasi siswa SMP/MTS. Pada aktivitas ini Bapak dan Ibu akan berlatih membuat butir soal numerasi yang akan membantu siswa Anda untuk berlatih menggunakan kompetensi numerasi untuk bernalar dalam pembelajaran di kelas. Bagaimana langkahnya? Mari kita berlatih.

  1. Pertama, pahami kompetensi numerasi siswa yang Anda ampu. Dari situ Anda dapat memilih kasus yang sesuai. Misalnya, dari kedua gambar berikut ini manakah yang paling sesuai dengan level yang anda ampu, Apakah gambar 1, atau gambar 2? Jelaskan.
  1. Kedua, setelah memilih kasus sesuai dengan level kompetensi siswa yang Anda ampu, pilihlah salah satu kompetensi yang ingin Anda kembangkan dan evaluasi. 
  1. Ketiga, dari kompetensi numerasi tersebut, cobalah membuat 3 buah soal dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan gambar yang Anda pilih tadi. 

Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar numerasinya dalam penalaran. 

PENGUMUMAN

BAPAK IBU GURU HEBAT.

Peserta yang dinyatakan Tidak Lulus Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) jika berada dalam kondisi :

  1. Tidak menuntaskan Bimtek sesuai waktu yang telah ditentukan.
  2. Pencapaian masih di bawah 70% setelah 3 (tiga) kali kesempatan mengerjakan Asesmen Pasca Program.

Namun, peserta tersebut masih dapat mengulang Bimtek Guru Belajar seri AKM pada angkatan berikutnya dengan memilih jadwal kembali.

Salam Guru Belajar.